Cara Menanam Jahe di Pot dan Terbukti Bagus

Jahe ialah rempah yang terkenal di tanah air. Terlebih sejak masuknya pandemi virus COVID- 19, racikan jahe dipercaya bisa tingkatkan sistem imun badan. Baik itu dalam wujud bumbu dapur ataupun jamu. Oleh sebab itu, tidak terdapat salahnya Kamu menekuni metode menanam jahe di rumah.

Tidak butuh memakai lahan yang luas, sebab Kamu dapat menggunakan benda sisa bagaikan media tanamnya. Semacam, botol plastik, kantong plastik, karung serta yang lain. Dengan media tanam minimalis, Kamu dapat dengan gampang menempatkan tumbuhan jahe di lahan yang terbatas, misalnya teras ataupun balik rumah.

Cara Menanam Jahe

Metode Menanam Jahe Tipe Minimalis, Lahan Terbatas Bukan Permasalahan!

Terdapat sebagian tipe jahe yang dapat Kamu tanam di dalam pot. Antara lain jahe gajah, jahe emprit serta jahe merah. Jahe gajah diucap pula jahe putih besar dengan rasa yang tidak sangat pedas. Kebalikannya, jahe emprit ialah jahe putih dengan dimensi kecil dengan rasanya yang lebih pedas dari jahe gajah. Sebaliknya jahe merah yakni yang sangat kecil dari kedua tipe jahe tersebut serta rasa yang amat pedas.

Pahami langkah- langkah menanam jahe berikut ini!

1. Seleksi Bibit Jahe Terbaik

Bibit jahe bermutu diperoleh dari tumbuhan yang berkembang produktif tanpa serbuan hama, baik itu dari kebun ataupun lahan pertanian. Hendaknya, jangan membeli bibit jahe dari pasar yang tidak dikenal tentu kualitasnya. Seleksi bibit jahe yang berusia 9- 12 bulan, rimpang bagus tanpa cacat sedikitpun.

Tempatkan bibit jahe di wadah yang bersih, siram secara teratur hingga tunas berkembang dengan sendirinya. Letakkan di tempat yang teduh serta bebas dari paparan cahaya matahari secara langsung supaya tidak mengering, sepanjang dekat 1- 1, 5 bulan.

2. Penyemaian Bibit Jahe

Bibit jahe yang sudah ditumbuhi tunas dipotong dengan tangan, pada tiap 3- 5 mata tunas. Masukkan ke dalam larutan fungisida sepanjang 1 menit, setelah itu keringkan dengan diangin- anginkan.

Siapkan media tanam berbentuk kotak kayu, taruhlah abu sikat ataupun sekam padi ke dalamnya. Tempatkan bibit jahe tadi, kemudian lapisi dengan sekam padi. Begitu seterusnya hingga 2 susunan. Diamkan sepanjang 2- 4 minggu sampai tunas berkembang dengan sempurna.

3. Metode Menanam Jahe di Pot

Pakai wadah sisa dengan dimensi minimun 30x35 centimeter bagaikan pot. Isi pot dengan media tanam dari kombinasi tanah, pupuk kompos serta sekam dengan perbandingan 1: 1: 1. Masukkan media tanam sampai setinggi¼ bagian pot.

4. Perawatan Tumbuhan Jahe

Siramlah tumbuhan jahe sebanyak 1- 2 kali pada pagi serta sore hari. Jalani pemupukan pada dikala tumbuhan berusia satu bulan serta masing- masing 2 bulan sekali. Pakai pupuk kandang buat perkembangan yang baik. Saat sebelum masa panen jahe, paling tidak bagikan pemupukan sebanyak 3 kali.

Lihat perkembangan tumbuhan jahe, jalani penyiangan apabila ditemui gulma ataupun hama tumbuhan. Jaga supaya tanah senantiasa gembur tiap tumbuhan jahe bertumbuh 3- 4 batang semu. Penggemburan tanah dalam pot ialah metode menanam jahe yang berarti supaya tumbuhan jahe kilat panen.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Jahe di Pot dan Terbukti Bagus"